Unsur-Unsur Debat


Unsur – Unsur Debat
            Unsur-unsur debat – Definisi debat adalah suatu kegiatan untuk menguji argumentasi yang dilakukan antar individu maupun kelompok. Tujuan debat adalah untuk meraih kemenangan atas argumentasi demi mendukung sesuatu yang ingin ditegakkan atau dijalankan serta mengambil kesimpulan dari topik yang diperdebatkan.
            Menurut KBBI, pengertian debat adalah pembahasan dan pertukaran pendapat mengenai suatu hal dengan saling memberi alasan untuk mempertahankan pendapat masing-masing. Kita bisa menyaksikan kegiatan debat dalam berbagai tingkat, mulai debat di sekolah atau kampus, debat pemilihan kepala daerah hingga debat calon presiden.
            Ciri-ciri debat antara lain memiliki dua sudut pandang (pro dan kontra), terdapat perbedaan argumentasi dalam debat, terkadang ada kegiatan tanya jawab, ada pihak yang menengahi debat (moderator) dan hasil akhir atau kesimpulan ditentukan oleh juri atau voting.
            Dalam sebuah debat juga terdapat unsur-unsur yang harus dipenuhi. Unsur unsur debat ini selalu ada di setiap kegiatan debat antara lain yaitu mosi atau tema yang diperdebatkan, pihak pro atau tim afirmatif, pihak kontra atau tim negatif, pihak netral, moderator debat, peserta debat dan penulis.

             Suatu kegiatan dapat disebut debat  jika memiliki beberapa unsur-unsur
1.      Memiliki mosi. Emosi adalah topik atau bahasan yang akan diperdebatkan dan mempunyai sifat konvensional. Adanya mosi sangat penting karena di dalam sebuah debat terdapat pihak pro dan kontra.
2.      Debat harus memiliki pihak pro atau pihak afirmatif yang setuju terhadap mosi yang telah diberikan. Pihak pro akan memberikan pidatonya terlebih dahulu mengenai alasan mengapa mendukung pernyatan di dalam mosi.
3.      pihak oposisi atau pihak kontra yang tidak setuju dengan mosi yang sudah diberikan. Pihak kontra akan menyanggah pernyataan dari pihak afirmatif.
4.      pihak netral atau pihak yang tidak menaruh dukungan dan tidak condong terhadap salah satu
5.      Dalam debat harus ada moderator yang bertugas mempin dan mengatur jalannya debat. Tata tertib debat, memperkenalkan masing-masing pihak, dan penyampaian mosi akan dilakukan oleh moderator.
6.      Debat juga harus memiliki peserta debat yang nantinya berhak menentukan keputusan akhir bersama juri debat. Dalam beberapa debat, peserta tidak ikut andil dalam penentuan keputusan akhir namun jika dibutuhkan voting, maka biasanya peserta akan diperhitungkan suaranya.
7.      Unsur yang terakhir yaitu adanya penulis atau notulen acara yang bertugas mencatat hal-hal terkait debat yang sedang berlangsung misalnya mosi debat, pernyataan moderator, penyampaian masing-masing tim atau pihak, dan hasil keputusan akhir.

A.    Contoh Teks Debat Tentang Gadget

Dampak Penggunaan HP/Gadget di Kalangan Pelajar
Moderator
Seperti yang kita ketahui,di zaman modern ini banyak sekali alat elektronik canggih yang mulai bemunculan,salah satunya adalah HP atau Gadget. Alat ini memiliki banyak fungsi positif,namun tidak sedikit juga yang menyalahgunakan fungsi alat tersebut. Seperti hal nya kalangan pelajar yang menggunakan alat ini,akan sangat bermanfaat jika mereka menggunakannya sesuai dengan apa yang di butuhkan. Namun akan sangat fatal akibatnya jika alat ini di salah gunakan. Ini adalah beberapa dampak positif dan negatif dari penggunaan HP atau gadget di kalangan pelajar.
Pihak Kontra
Saya mengerti bahwa penggunaan gadget bermanfaat bagi para pelajar tapi penggunaannya juga berdampak negatif. Dampak negatif penggunaan gadget tersebut diantaranya mengganggu perkembangan anak, selain itu akan menyebabkan anak menjadi boros perihal uang untuk membeli hp/gadget tersebut karena hp/gadget dengan seri tercanggih saat ini memiliki harga yang mahal juga biaya pemakaiannya pun tidak murah seperti membeli pulsa atau data internet agar bisa digunakan untuk browsing mengenai iptek dan menghubungi orang sekitar. Yang lebih parahnya penggunaan gadget ini menyebabkan anak mudah terpapar radiasi.
Pihak Pro
Ya saya setuju jika penggunaan gadget tersebut memberikan dampak negatif bagi pelajar. Namun penggunaan gadget juga memberikan dampak positif bagi pelajar, diantaranya:
Dengan adanya gadget, pelajar akan lebih mudah melakukan komunikasi dengan orang tua. Peran ini memang penting terutama bagi siswa yang relatif jauh rumahnya dari sekolah dan ada kendala transportasi. Untuk itu peranan HP atau gadget ini sangat penting sekali untuk memastikan kapan jemputan diperlukan.
Dengan adanya gadget, maka pelajar akan mencari informasi iptek melalui internet. Hal ini dimungkinkan pada HP atau gadget seri canggih generasi 3G/4G bahkan 5G yang sudah mulai dikembangkan, dengan penggunaan gadget seri tersebut maka memberikan kesempatan bagi penggunanya termasuk pelajar untuk browsing internet guna mengembangkan pengetahuannya.
Selain itu, penggunaan hp/gadget ini bisa digunakan untuk memperluas jaringan persahabatan.

B.     Contoh Teks Debat Tentang Sosial Media

Pengaruh Sosial Media Di Lingkungan Sekolah
Moderator
Terima kasih atas kehadiran rekan rekan pada siang ini, kita akan membahas terkait plus minus penggunaan internet di lingkungan sekolah. Group A adalah tim yang mendukung penggunaan internet dan tim B yang menolak.
Tim afirmasi (pro) :
Saya setuju memang ada sisi negatifnya, tapi itu bukan salah internetnya, lebih ke arah pengendalian diri agar tidak browsing ke hal-hal yang negatif. Internet adalah jendela dunia, semua ilmu pengetahuan ada di dalamnya, tidak seharusnya internet dibatasi terutama bagia para pelajar, karena internet memiliki banyak manfaat.
Tim Oposisi (kontra) :
Internet memang banyak manfaatnya, tapi banyak juga sisi negatifnya, seperti membuang-buang waktu untuk hal yang tidak penting seperti browsing di social media. Hal itu susah dikendalikan karena pada jaman saat ini banyak sosial media yang sangat pandai melakukan promosi sehingga membuat kita lupa akan manfaat sesungguhnya dari internet.
Tim Netral:
Internet memang memberikan dampak positif dan negatif, meski demikian apa yang akan kita dapat dari internet tergantung dari kita bagaimana cara menggunakannya.

C.    Contoh Teks Debat Tentang Pendidikan

Pro Kontra Penerapan Full Day School Bagi Semua Sekolah di Indonesia
Narator
Berita mengenai ketetapan pemerintah untuk menerapkan full day school bagi semua sekolah, telah mengejutkan banyak pihak, terutama bagi orang tua siswa. Komentar-komentar positif yang mendukung dan komentar-komentar negatif yang menolak, membuat kita berpikir, apakah Indonesia sudah tepat menerapkan full day school untuk semua tingkat pendidikan?
Tim afirmasi
Kami dari tim afirmasi sangat menyetujui keputusan pemerintah mengenai full day school bagi sekolah. Dengan ada full day school, siswa-siswa dapat belajar secara optimal dan diawasi langsung oleh guru pembimbing mata pelajaran siswa.
Tim oposisi
Kami dari tim oposisi menolak ketetapan tersebut. Karena sebagai anak-anak, kami juga membutuhkan waktu untuk mengembangkan diri sendiri dan bersosialisasi dengan keluarga dan masyarakat.
Tim netral
Sebagai seorang siswa, kami memang butuh bimbingan dari pihak sekolah dan keluarga. Ilmu memang penting, tetapi begitu pula dengan keluarga dan bersosialisasi dengan masyarakat. Memang kami harus pintar-pintar membagi waktu agar masa muda kami tidak berlalu begitu saja tanpa manfaat sama sekali.
Kesimpulan
Berdasarkan argumen yang diberikan oleh tim afirmasi, tim oposisi, maupun tim netral, dapat kita ambil kesimpulan bahwa Pemerintah Indonesia masih perlu menyesuaikan beberapa hal dalam penerapan lima hari sekolah agar psikologi perkembangan anak-anak Indonesia tidak hanya dijejali dengan ilmu pengetahuan saja, tetapi juga dapat menikmatinya dengan penuh bertanggung jawab. Dukungan dari keluarga juga sangat penting dalam pelaksanaan lima hari sekolah ini, sehingga perkembangan anak-anak Indonesia dapat berkembang dengan maksimal dan berjalan dengan sesuai tujuan pendidikan nasional Indonesia.

D.    Contoh Teks Debat Tentang Kesehatan

Kebiasaan minum teh baik atau buruk?
Isu
Tak jauh berbeda dengan kopi, kebiasaan minum teh sudah dilakukan dari dulu. Bahkan menjadi bagian dari tradisi. Biasanya teh disajikan ketika ada kunjungan tamu, pertemuan, atau bagian dari sarapan pagi dan bersantai di malam hari.
Teh diperkenalkan sejak 5000 tahun lalu bahwa minuman ini berkhasiat bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Tanaman teh berasal asli dari Asia Tenggara. Aroma dan rasanya yang khas menjadikan minuman ini sangat digemari oleh semua golongan masyarakat.
Meskipun banyak manfaat dari meminum teh, tetapi kebiasaan mengkonsumsi teh secara berlebihan bisa menimbulkan kerugian.
Argumen Mendukung
Terdapat beberapa kandungan aktif dalam teh sehingga menjadi bermanfaat bagi kesehatan, seperti polyphenols (10-25%) yang berfungsi sebagai antioksidan untuk mencegah berkembangnya sel kanker, vitamin C (150-250 mg%) dan vitamin E (25-70 mg%) yang dapat membantu untuk memperkuat daya tahan tubuh dan menjaga kesehatan jantung , ß-carotene (13-20%), caffein (45-50 mg%), dan fluor (0,1-4,2 mg/L) yang berfungsi membantu dalam mencegah tumbuhnya karies pada gigi serta memperkuat gigi.
Argumen Menolak
Tetapi dibalik manfaatnya yang banyak tersebut, kebiasaan minum teh yang tidak wajar mempunyai pengaruh yang tidak baik untuk kesehatan. Karena caffein yang terdapat di teh bisa menyebabkan proses penyerapan makanan menjadi terhambat.
Selain itu caffein memiliki sifat ketergantungan sehingga tubuh akan terasa tidak fit jika tidak mengkonsumsinya. Nah pada ibu menyusui, caffein mempengaruhi kelenjar ASI sehingga menghambat kelancaran dan ketersediaan ASI.
Zat caffein pada bayi zat ini dapat mengakibatkan usus bayi menjadi kejang. Kandungan mineral dalam teh juga mempunyai kecenderungan membantu terbentuknya batu ginjal.
Simpulan
Jika kamu ingin mengkonsumsi teh yang sehat, disarankan untuk mengkonsumsi sebanyak 5 cangkir ukuran 200 ml setiap hari. Karena jumlah tersebut masih batas normal kadar kafein yang bisa dikonsumsi yaitu setara 750 mg/hari.
Usahakan juga seduh teh dengan air yang tidak terlalu banyak dan tidak ditambahkan gula mencegah rusaknya zat-zat yang dikandung dan hilangnya manfaat teh.
Dalam kebiasaan sehari-hari, hindari minum teh saat perut kosong karena bisa meningkatkan produksi asam lambung sehingga berpengaruh pada pencernaan.

E.     Contoh Teks Diskusi Tentang Narkoba

Dampak Penggunaan Narkoba
Isu
Bahaya buruk narkoba tentunya sudah banyak diketahui masyarakat. Tetapi sampai kini masih ditemukan penyalah gunaan narkoba.
Narkoba adalah narkotika dan obat-obatan berbahaya, merupakan zat adiktif atau psikotropika yang dapat memberi efek candu/ketagihan pada pengkonsumsinya serta menimbulkan dampak buruk pada kesehatan tubuh bila digunakan terus-menerus dalam dosis yang sangat banyak.
Argumen Mendukung
Contoh bahaya yang disebabkan oleh narkoba dan banyak buktinya antara lain:
  • Mengganggu kinerja jantung
  • Gangguan pembuluh darah dan menyebabkan tekanan darah meningkat
  • Kerusakan otak
  • Gangguan pada paru-paru
  • Gangguan fungsi reproduksi
  • Turunnya nafsu makan hingga akhirnya mengurangi berat badan
  • Sering mual dan muntah-muntah.
  • AIDS
Argumen Menolak
Tetapi narkoba tidak sepenuhnya buruk jika digunakan dengan benar. Zat-zat jenis psikotropika ini sebenarnya masih digunakan dalam dunia kedokteran.
Misalnya untuk melakukan bius pada pasien maupun yang ada dalam suatu obat khusus. Tetapi dosis yang sangat kecil sehingga tidak menimbulkan bahaya.
Simpulan
Ketika kita sudah mengetahui bahaya-bahaya yang disebabkan oleh narkoba, bijak nya kita menghindari penyalah gunaan narkoba dan kita perlu lebih berhati-hati karena pergaulan zaman sekarang yang makin bebas.

F.     Contoh Teks Debat Tentang Internet

Bijak Menggunakan Internet
Isu
Internet saat ini merupakan kebutuhan yang bukan lagi menjadi hal asing ditengah kalangan pelajar maupun masyarakat umum. Semakin hari semakin meningkat pengguna internet di kawasan sekitar kita. Hal ini dapat dibuktikan dengan semakin ramainya warung internet, penjualan modem beserta paket pembayarannya serta akses melalui smartphone atau ponsel. Berkembangnya internet merupakan suatu kemajuan teknologi yang kini kian semakin pesat.
Internet merupakan sarana bagi kita untuk merambah dunia maya sesuai dengan kebutuhan informasi yang ingin kita dapatkan. Sebagian orang menganggap bahwa internet sangat membantu siswa dalam belajar terutama pada kurikulum 2013, tetapi bayak juga orang yang menganggap bahwa internet hanya memuat konten-konten yang tidak bisa membantu siswa dalam belajar. Dengan demikian, dampak internet bagi pelajar menuai perdebatan hebat.
Argumen mendukung
Masyarakat yang menganggap internet bermanfaat mempunyai beberapa alasan:
  • Dengan adanya fasilitas internet kaum pelajar akan lebih mudah mengakses sebuah informasi yang terkait dengan pelajarannya. Informasi yang didapatkannya akan lebih luas dengan membaca beberapa referensi yang dapat disaring untuk mencapai sebuah titik temu kesimpulan untuk menambah pengetahuan.
  • Dapat menambah begitu luas jaringan melalui forum, media sosial dan lain sebagainya guna melakukan diskusi dalam hal positif seperti ilmu pengetahuan, wawasan sosial, keagamaan serta perkembangan teknologi terbaru.
  • Dengan menggunakan layanan internet secara bijak dengan mengikuti berita-berita terbaru, pelajar diharapkan mampu kooperatif serta aktif dalam menyelami sebuah persoalan sosial yang terjadi di masyarakat.
  • Dari hal tersebut diharapkan pelajar akan mampu berpikir lebih dewasa dalam menghadapi suatu persoalan.
  • Selain menambah wawasan, dengan layanan internet seorang pelajar juga dapat melatih kreatifitas dengan mengikuti perkembangan teknologi dan memanfaatkan peluang yang ada. Misalnya dengan belajar berbisnis melalui internet.
  • Bisa lebih tahu tentang dunia.
Argumen menentang
Masyarakat yang menganggap internet hanya membuat siswa semakin buruk mempunyai alasan:
  • Penggunaan internet yang kurang bijak dapat berdampak semakin rusaknya kepribadian bahkan moral seorang pelajar. Misalnya menggunakan layanan internet untuk membuka situs-situs yang tidak semestinya diakses oleh usia pelajar.
  • Selain mengakses situs yang tidak semestinya, pelajar yang malas akan menggantungkan sebuah tugas sekolah dengan copy paste konten yang ada diinternet tanpa perubahan dalam suatu tulisan kemudian mengumpulkan tugas tersebut. Hal ini akan mengakibatkan pelajar cenderung semakin menjadi pemalas.
  • Dengan layanan internet juga dapat mengakibatkan pelajar akan cenderung lupa akan kewajiban belajarnya bila menggunakan internet hanya untuk bermain game atau sibuk dimedia sosial yang membahas persoalan diluar dari tema ilmu pengetahuan.
  • Mengabaikan kewajiban pada Tuhan YME.
Kesimpulan
Himbauan bagi anda seorang pelajar, gunakanlah layanan internet sebaik mungkin agar wawasan serta kreativitas anda dapat terus berkembang. Jangan menggunakan internet untuk membuka situs berkonten dewasa apalagi melanggar norma atau aturan yang ada dilingkungan kita. Semoga internet dapat menjadikan anda seorang pelajar yang memiliki wawasan positif, bukan seorang pelajar yang justru semakin rusak moralnya.

G.    Contoh Teks Diskusi Tentang Lingkungan

Cara Menanggulangi Sampah
Isu
Sampah adalah hal yang dianggap meresahkan karena memberikan dampak buruk bagi lingkungan. Sampah yang menumpuk dapat menyebabkan berbagai macam penyakit dan juga dapat menimbulkan banjir.
Dalam beberapa kasus, cara menanggulangi sampah dianggap menjadi permasalahan yang penting di beberapa daerah tertentu. Sebenarnya pemecahan masalah tentang sampah sudah menjadi perdebatan sejak dahulu.
Argumen mendukung
Banyak orang yang beranggapan bahwa sampah adalah sesuatu yang tidak diperlukan lagi, maka dari itu sampah harusnya dimusnahkan dengan cara di bakar.
Namun bagi mereka yang mencintai alam, cara ini dianggap tidak sebagai solusi melainkan menimbulkan bencana baru. Sampah-sampah yang dibakar akan menghasilkan polusi udara berupa bau yang tidak sedap dan asap pembakaran yang dapat menipiskan lapisan ozon.
Argumen menentang
Umumnya orang yang mencintai lingkungan lebih memilih penyelesaian berupa dekomposting dan daur ulang. Misalnya sampah organik seperti daun kering, batang pohon dan sebagainya dapat dijadikan sebagai pupuk kompos melalui proses dekomposting. Sedangkan sampah non-organik memang tidak dapat mengalami pembusukan dan dapat dilakukan daur ulang.
Kesimpulan
Pada dasarnya sampah dapat kita olah dan dapat dimanfaatkan kembali. Pengolahan dan penangan sampah yang ramah lingkungan adalah cara yang tepat dan bijak sesuai untuk menyelesaikan permasalahan sampah yang ada.



1 comment: