Pengertian Drama

DRAMA


Drama merupakan genre (jenis) karya sastra yang menggambarkan kehidupan manusia dengan gerak. Drama menggambarkan realita kehidupan, watak, serta tingkah laku manusia melalui peran dan dialog yang dipentaskan.[1] Kisah dan cerita dalam drama memuat konflik dan emosi yang secara khusus ditujukan untuk pementasan teater.  Naskah drama dibuat sedemikian rupa sehingga nantinya dapat dipentaskan untuk dapat dinikmati oleh penonton. Drama memerlukan kualitas komunikasi, situasi dan aksi. Kualitas tersebut dapat dilihat dari bagaimana sebuah konflik atau masalah dapat disajikan secara utuh dan dalam pada sebuah pementasan drama.

Budianta dkk

Pengertian drama menurut Budianta dkk adalah jenis karya sastra dimana penampilan fisiknya memperlihatkan secara verbal adanya dialog antar tokoh.

Seni Handayani

Pengertian drama menurut Seni Handayani adalah bentuk komposisi berdasarkan dua cabang seni, seni sastra dan seni pertunjukan sehingga drama dibagi menjadi dua, yaitu drama dalam bentuk teks tertulis dan drama dipentaskan.

Sumarjo

Pengertian drama menurut Sumarjo adalah suatu karya sastra yang ditulis dalam bentuk dialog dengan maksud dipertunjukkan oleh aktor.

Wildan

Pengertian drama menurut Wildan adalah salah satu komposisi berdasarkan beberapa cabang seni, sehingga drama dibagi menjadi dua, yaitu drama dalam bentuk teks tertulis dan drama dipentaskan.

Tjahjono

Pengertian drama menurut Tjahjono adalah sebuah tontonan atau pertunjukan inilah yang sering disebut dengan istilah teater. Sebagai sebuah seni dari pertunjukan, drama ini juga memiliki sifat ephemeral, artinya bermula pada suatu malam dan berakhir pada malam yang sama juga.

Tambojang

Pengertian drama menurut Tambojang adalah sebuah cerita yang unik. Ia tidak untuk dibaca saja, tetapi untuk dipertunjukkan sebagai tontonan. Sebagai tontonan, drama adalah kesenian ephemeral, artinya bermula pada suatu malam dan berakhir pada malam yang sama.

Moulton

Pengertian drama menurut Moulton adalah kisah hidup yang dilukiskan dalam bentuk gerakan (life presented in action).

Balthazar Vallhagen

Pengertian drama menurut Balthazar Vallhagen adalah suatu seni yang menggambarkan alam dan sifat manusia dalam bentuk gerakan.

Anne Civardi

Pengertian drama menurut Anne Civardi adalah suatu kisah yang diceritakan melalui gerakan dan kata-kata.

Tim Matrix Media Literata

Pengertian drama menurut Tim Matrix Media Literata adalah bentuk narasi yang menggambarkan kehidupan dan alam manusia melalui perilaku (akting) yang dipentaskan.

E. R. Reaske

Pengertian drama menurut E. R. Reaske adalah sebuah karya seni sastra atau sebuah komposisi, dengan menggambarkan suatu kehidupan dan aktivitas manusia dengan segala penampilan, berbagai tindakan dan juga dialog antara sekelompok tokoh.

Ferdinand Brunetierre

Pengertian drama menurut Ferdinand Brunetierre adalah suatu karya sastra yang disampaikan dengan aksi atau gerakan dan melahirkan keinginan bagi yang melihatnya.

Krauss

Pengertian drama menurut Krauss adalah suatu bentuk gambaran seni yang datang dari nyanyian dan tarian ibadat Yunani kuno, yang di dalamnya dengan jelas terorganisasi dialog dramatis, sebuah konflik dan penyelesaiannya digambarkan di atas panggung.


No comments:

Post a Comment